Siswa SMA Labschool Unsyiah Berkunjung ke AJI Banda Aceh

BANDA ACEH – Tiga siswa SMA Labschool Unsyiah berkunjung ke kantor Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Banda Aceh di Jalan Angsa No 23, Desa Batoh, pada Senin (22/10/2018). Kedatangan siswa ini disambut oleh Sekretaris AJI Banda Afifuddin Acal dan Rektor MJC Yayan Zamzami.

Kunjungan tiga siswa: Raihan Alya, Maria Ulfa, dan Zaidan Fathurahman, itu ke Kantor AJI Banda Aceh bagian dari tugas mata pelajaran Sosiologi tentang pengenalan tugas-tugas jurnalistik dan organisasi jurnalis.

Afifuddin Acal dalam penjelasannya mengatakan, organisasi AJI Banda Aceh saat ini sudah memiliki 68 anggota dan sangat memprioritaskan keindependenan anggotanya di media mana pun mereka bekerja. AJI juga tidak menerima apapun dari pemerintah demi menjaga agar tetap independen.

“AJI tidak menerima APBK, APBA, dan lainnya dari pemerintah. Dan karena ini pula, AJI bebas mengkritisi pemerintah,” kata Afifuddin.

Afifuddin menambahkan, AJI Banda Aceh pada tahun 2017 memiliki tingkat kemerdekaan pers paling tinggi di Indonesia. Hal itu karena menurut jurnalis merdeka.com ini di Banda Aceh saat ini belum ada ancaman yang diterima oleh jurnalis.

“Ini berbeda saat masa konflik GAM-RI dulu, di mana kemerdekaan jurnalis sangat terancam. Kita bersyukur juga berkat adanya damai, kemerdekaan jurnalis di Aceh sudah semakin baik,” tutur dia. [Habil]

Share This Post